Jangan salah pilih, kenali perbedaan oli MPX dan SPX

Bagi pengguna sepeda motor Honda, ganti oli menjadi wajib dan ganti oli juga mesti teratur. Bahkan bukan itu saja, memilih jenis oli yang tepat juga wajib dilakukan. Seperti diketahui, jika pada generasi sebelumnya kita mengenal jenis sepeda motor 2 tak dan motor 4 tak. Maka pada generasi sepeda motor terbaru, sepeda motor 2 tak mulai banyak ditinggalkan atau sudah tidak diproduksi lagi.

Sepeda motor 2 tak berhubungan erat dengan polusi udara yang semakin kotor dan boros bahan bakar. Sehingga tidak diproduksi lagi, karena gas buang mengandung emisi tinggi. Berbarengan dengan itu muncul sepeda motor transmisi matic. Seiring dengan waktu, ternyata sepeda motor matic ini laris manis saat ini. Oh ya motor matic ini merupakan bagian dari sepeda motor 4 tak.

Honda merupakan salah satu produsen sepeda motor kawakan di Indonesia, cukup banyak memproduksi varian sepeda motor matic, seperti honda beat, honda Vario, dan motor matic merek Honda lainnya. Sepeda motor transmisi otomatis ini menerapkan kontruksi mesin yang berbeda dari pada mesin motor 4 tak transmisi manual. Yuk kenali perbedaan oli MPX dan SPX dengan benar.

Jenis oli mesin sepeda motor Honda

Oli mesin bertanggung jawab terhadap terkikisnya logam mesin pada sepeda motor khususnya dan kendaraan pada umumnya. Sehingga memilih oli mesin yang tepat mesti diperhatikan para pemilik sepeda motor. Sehingga sepeda motor anda akan lebih awet dan berumur panjang.

Lantas oli mesin terbaik untuk sepeda motor matic apa? Beruntung pabrikan sepeda motor Honda telah memproduksi jenis oli mesin khusus untuk pemakaian sepeda motor jenis transmisi otomatis. Oli paling tepat untuk sepeda motor matic khususnya motor matic Honda adalah oli jenis SPX.

oli MPX dan SPX

Apa itu jenis oli SPX

Oli SPK adalah oli sintetis Superior Protection Expert yang berbahan dasar oli mineral. Sehingga jenis oli ini termasuk Fully Synthetic yang cocok digunakan pada tipe sepeda motor yang memiliki putaran tinggi. Jenis oli sintetis cocok digunakan pada motor motor dengan putaran mesin tinggi.

Baca juga Jenis aki mobil dan motor beredar di Indonesia

Oli mesin SPX1

Jenis oli SPX1 memberikan perlindungan Superior Protection Expert yang ditujukan khusus pada sepeda motor berkecepatan tinggi. Putaran mesin tinggi identik dengan temperatur ( panas ) tinggi, sehingga gesekan logam logam mesin yang cepat harus mendapat perlindungan maksimal.

Oli mesin jenis SPX1 ditujukan pada sepeda motor dengan tipe kopling basah khususnya motor Honda. tipe bebek sport maupun motor honda skutik matic.

Oli mesin SPX2

Berbeda pula dengan oli tipe SPX2. Meskipun kedua jenis oli SPX ini memiliki kualitas Superior Protection Expert yang sama. Namun oli SPX2 di desain sebagai pelindung logam mesin untuk jenis sepeda motor kopling kering. Masalah oksidasi akibat pembakaran dapat diminimalkan. SPX2 diperuntukkan pada jenis sepeda motor Honda transmisi otomatis atau motor matic kopling kering

Apa itu jenis oli MPX

MPX merupakan jenis oli mesin yang diproduksi oleh Honda yang mampu memberikan perlindungan secara Maximum Protection Expert. Menurut situs harga mobil dan motor, bahwa oli MPX merupakan salah satu produk oli mineral yang telah disempurnakan. Sehingga memiliki kinerja dan perlindungan lebih maksimal dari pada oli mineral pada umumnya.

Oli mesin MPX1

Oli jenis MPX1 merupakan jenis oli yang diformulasikan khusus untuk penggunaan sepeda motor Honda yang presisi dan memiliki berperforma tinggi. Sehingga mampu memberikan pelumasan yang sempurna dan prima pada sepeda motor tipe kopling basah. Oli ini ditujukan khusus untuk tipe motor Bebek, Bebek Matic maupun motor Sport.

Oli mesin MPX2

Oli jenis atau tipe MPX2 merupakan oli yang diformulasikan untuk sistem lubrikasi yang baik. Sehingga mampu melindungi mesin motor supaya pemakaian bahan bakar lebih irit namun tetap bertenaga. Oli mesin MPX2 menjaga performa mesin tetap prima khususnya pada sepeda motor tipe matic kopling kering.

Fungsi oli mesin

⇒Memberikan perlindungan mesin terhadap oksidasi akibat pembakaran
⇒Menstabilkan suhu mesin sepeda motor pada suhu panas maupun dingin
⇒Menjaga kebersihan mesin dari gram gram akibat gesekan logam.
⇒Menghemat pemakaian bahan bakar

Penggunaan oli MPX dan SPX

⇒Oli MPX1 : motor bebek, bebek matic, motor sport, kopling basah
⇒Oli MPX2 : motor matic, kopling kering
⇒Oli SPX1 : motor bebek, bebek matic, motor sport, kopling basah
⇒Oli SPX2 : motor matic, kopling kering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *