KESEHATAN

Lemah jantung, penyebab dan cara pencegahan yang tepat

Lemah jantung berbahaya atau tidak, tentunya tergantung bagaimana anda melakukan upaya pencegahan, sehingga dampak jantung lemah bisa diminimalkan.

Lemah jantung atau kardiomiopati termasuk jenis penyakit berbahaya. Lemah jantung adalah suatu kondisi yang terjadi di saat otot jantung melemah. Sebab mereka yang di diagnosis memiliki gejala lemah jantung, tidak selamanya memiliki jantung lemah. Lemah jantung hanya terjadi sekali waktu saja.

Namun demikian bagi anda yang memiliki jantung lemah, tentunya cukup sering mengalami kondisi kelemahan jantung, sehingga perlu diantisipasi supaya tidak sering kambuh dan mengalami serangan jantung lemah.

Kondisi lemah jantung terjadi saat organ jantung tidak mampu memompa darah secara sempurna ke seluruh tubuh. Ada cukup banyak masalah pada organ jantung, namun penyakit lemah jantung ini menjadi salah satu yang perlu diwaspadai, karena bisa memicu gagal jantung.

Ciri-ciri dan gejala gejala penyakit lemah jantung mungkin saja pada awalnya tidak nampak. Hingga akhirnya terjadi kepayahan, sehingga tanda tanda penyakit jantung lemah baru terdeteksi.

Karenanya, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri dan gejala terjadinya lemah jantung. Sehingga cepat bisa terdeteksi sejak dini. Dengan demikian penderita gangguan jantung ini dapat mendapatkan penanganan dengan segera dan mampu meminimalkan serangan lemah jantung.

Penting diketahui jika kondisi lemah jantung dapat menyebabkan penyakit gagal jantung. Bahkan bisa saja berakhir pada kematian pasien akibat lemah jantung. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mempelajari ciri-ciri lemah jantung sehingga bisa memastikan kesehatan organ jantung anda.

Penyakit gagal ginjal dan gejala awal penurunan fungsi ginjal anda

Nah untuk memahami lebih jelas tentang kondisi kerja organ jantung, maka yuk pelajari apa saja ciri ciri dan gejala lemah jantung, penyebab jantung lemah, serta cara pengobatan dan pencegahan penyakit lemah jantung.

lemah jantung

5 jenis penyakit lemah jantung

Dilihat dari kondisi penyebabnya, maka bisa dibedakan berbagai kondisi yang menyebabkan gangguan pada jantung khususnya gejala jantung lemah. Semoga anda tidak termasuk di dalamnya.

1. Kardiomiopati Dilatasi

Disebut juga sebagai kardiomiopati dilatasi idiopatik. Merupakan suatu kondisi ketika jantung menjadi lemah serta bilik jantung membesar. Maka akibatnya, jantung tidak mampu untuk memompa darah ke seluruh tubuh secara benar. Pada umumnya Kardiomiopati Dilatasi disebabkan oleh masalah medis.

2. Kardiomiopati Hipertrofik

Lemah jantung kardiomiopati hipertrofik. Merupakan suatu kondisi di mana otot jantung menebal atau menjadi tebal. Sehingga sistem kerja jantung sebagai pemompa darah terganggu, darah menjadi lebih sulit meninggalkan jantung. Pada umumnya memiliki riwayat keluarga yang sama.

3. Kardiomiopati Iskemik

Kondisi lemah jantung Kardiomiopati Iskemik terjadi karena terjadinya penyempitan pembuluh arteri, sehingga pengiriman oksigen ke otot jantung tidak mencukupi dan akhirnya membuat jantung melemah.

4. Kardiomiopati Restriktif

Amiloidosis adalah jenis penyakit langka yang terjadi saat zat amiloid menumpuk pada jaringan tubuh. Gejala tergantung pada organ yang terkena, dapat berupa pembengkakan, kelelahan dan lemah, sesak napas, dan mati rasa, kesemutan, atau nyeri di tangan atau kaki.

Nah jika amiloidosis terjadi pada organ jantung, maka otot jantung menjadi kaku sehingga cukup sulit melakukan pompa darah ke seluruh tubuh, sehingga akibatnya sebagian anggota tubuh tidak mendapatkan nutrisi secara cukup.

5. Kardiomiopati Perpartum

Jenis lemah jantung kardiomiopati perpartum. Keadaan ini biasanya terjadi selama masa kehamilan. Selain itu juga bisa terjadi dalam 5 bulan pertama sesudah kehamilan. Pada umumnya gangguan lemah jantung jenis ini tidak permanen dan akan berangsur hilang.

Cara menjaga kesehatan jantung sejak usia dini

Apa saja ciri ciri umum lemah jantung

Pada umumnya gejala maupun ciri ciri khusus kondisi jantung lemah tidak terdeteksi secara nyata, namun seiring dengan bertambahnya kondisi semakin parah, maka akan terlihat beberapa ciri ciri khusus seperti berikut :

⇔Semakin mudah letih dan lelah
⇔Sering merasakan sakit kepala dan pusing
⇔Batuk batuk ketika berbaring
⇔Merasakan sesak napas

⇔Terjadi pembengkakan pada pembuluh darah di leher, perut, tungkai kaki dan pergelangan kaki
⇔Dada terasa berat atau tertekan
⇔Detak jantung sangat cepat serta berdebar debar
⇔Kadang disertai pingsan, terutama usai melakukan aktivitas fisik yang melelahkan

Meskipun anda merasakan sebagian gejala penyakit di atas, tentunya dokter atau tenaga medis akan melakukan serangkaian tes kesehatan untuk memastikan gangguan kesehatan yang terjadi dan menentukan jenis pengobatan jantung lemah yang tepat.

Beberapa tes kesehatan untuk memastikan gangguan pada jantung lemah, biasanya ada serangkaian tes tertentu, seperti : Tes darah, Elektrokardiogram atau EKG, Foto rontgen dada, Ekokardiografi, Angiografi jantung, Biopsi otot jantung.

Penyakit jantung gejala dan pengobatan yang tepat

Pada umumnya tipe pengobatan dokter akan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit, sehingga setiap penderita penyakit jantung lemah bisa saja mendapatkan cara pengobatan yang berbeda.

Meskipun demikian jika gangguan jantung lemah semakin parah, maka bisa saja dokter akan menyarankan tindakan operasi jantung

Setiap gangguan pada kerja jantung dapat memicu masalah serius dan memicu berbagai penyakit berbahaya yang pada akhirnya akan mengancam kematian penderitanya.

Cegah penyakit diabetes sebelum menyerang anda

Nah jika seringkali mengalami gangguan pada organ jantung dan khususnya menyadari jika memiliki gejala jantung lemah, maka sebaiknya sebisa mungkin melakukan pencegahan penyakit berbahaya ini untuk meminimalkan setiap serangan penyakit serius ini yang terjadi secara tiba tiba. Sebaiknya ikuti saran kami, seperti :

⇒Gunakan waktu tidur yang cukup
⇒Olahraga secara teratur cukup penting, namun yang ringan ringan saja
⇒Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang
⇒Kendalikan stres sebaik mungkin
⇒Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan narkoba
⇒Periksa tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol secara rutin

Lihat info lainnya

  • lemah jantung

    Lemah jantung berbahaya atau tidak, tentunya tergantung bagaimana anda melakukan upaya pencegahan, sehingga dampak jantung lemah bisa diminimalkan. Lemah jantung atau kardiomiopati termasuk jenis penyakit berbahaya. Lemah jantung adalah

    Baca lebih lengkap
  • gejala awal penyakit diabetes

    Penyakit diabetes memiliki gejala awal yang khas, sehingga anda perlu waspadai tanda tanda awal sebelum serangan awal penyakit diabetes benar benar terjadi pada anda. Pahami gejala penyakit diabetes sehingga cepat terdeteksi. Diabetes merupakan salah satu penyakit yang diderita banyak orang. Penderita diabetes pada umumnya

    Baca lebih lengkap
  • penyakit jantung

    Penyakit jantung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyerang secara tiba tiba. Bahkan tanpa gejala maupun tanda tanda sebelumnya. Namun demikian sebenarnya gejala yang ditimbulkan sebelum serangan jantung bisa terdeteksi. Lantas bagaimana pengobatan jantung

    Baca lebih lengkap
  • cara menjaga kecantikan

    Mempunyai wajah cantik tidak datang begitu saja, namun memerlukan perawatan kulit wajah yang benar dan sesuai dengan jenis kulit wajah. Yuk ikuti cara menjaga kecantikan wajah rekomendasi. Banyak wanita gagal mempertahankan kecantikan kulit wajah, karena sembarangan

    Baca lebih lengkap
  • kulit tangan anti keriput

    Keriput di kulit tangan bisa mengungkapkan usia anda yang sebenarnya. Seperti halnya kulit wajah, maka penuaan kulit tangan juga mesti dicegah sejak dini. Ikuti tips sederhana cara menghaluskan

    Baca lebih lengkap
  • paket kredit mobil Toyota Avanza

    Perhitungan paket kredit mobil Toyota Avanza baru. Berapa total uang muka maupun total DP saat mengambil mobil Toyota Avanza dengan sistem kredit yang berlaku saat ini. Untuk pengambilan kendaraan baru biasanya besarnya uang muka ada 2 pilihan, yakni

    Baca lebih lengkap
  • Related Articles

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker