Breaking News

Apa manfaat rotasi ban mobil, caranya

Rotasi ban mobil, apa sih manfaatnya. Banyak para pakar otomotif menyarankan untuk belajar cara merotasi pada keempat ban mobil. Bagi pemilik kendaraan roda empat. Melakukan penggantian ban wajib setelah kembang gundul.

Pada umumnya mengganti 4 ban mobil sekaligus sangat disarankan. Karena akan memberikan tumpuan merata pada kendaraan. Tetapi kadang kala pengikisan kembang ban tidak merata. Hal ini tentunya banyak penyebabnya. Itulah mengapa perawatan mobil berkala penting dilakukan.

Putaran ban mobil akan berdampak langsung pada pengikisan kembang ban. Sehingga semakin panjang jam terbang mobil anda. Maka kembang ban akan semakin tipis. Dan pada akhirnya mesti melakukan penggantian ban mobil anda.

Namun demikian kadang kala gesekan pada ban mobil tidak merata. Sehingga berakibat pada tebal kembang ban juga tidak sama. Hal demikian paling sering disebabkan oleh posisi ban yang bergeser. Dan terjadi penipisan ban tidak seimbang. Sudah semestinya perawatan ban mobil mulai sekarang.

Untuk mencegah semua ini terjadi pada mobil anda. Maka diperlukan merotasi ban secara berkala. Lantas bagaimana cara merotasi ban yang benar dan bermanfaat. Perlu diketahui bahwa ada trik tersendiri cara melakukan rotasi ban mobil.

Manfaat melakukan rotasi 4 ban mobil

»Menjaga kualitas ban mobil tetap prima.
»Menjaga pengikisan alur ban / kembang ban merata.
»Memperpanjang masa pakai atau usia ban mobil.
»Memberikan kenyamanan saat berkendara.
»Mampu memberikan tingkat pengereman maksimal.

Kapan sebaiknya melakukan prosedur rotasi ban mobil. Tentunya tergantung jalan yang sering anda lewati. Jika mobil melaju di perkotaan, maka bisa melakukan rotasi ban setiap 10.000 km sekali. Tetapi jika sering melewati jalanan kasar berbatu, sebaiknya lakukan setiap 5000 km.

Prosedur cara rotasi ban mobil

Merotasi ban mobil mesti dilakukan dengan benar supaya sesuai dengan manfaat rotasi ban. Sehingga nantinya pengikisan kembang ban sesuai dengan yang diharapkan. Untuk lebih mudahnya silahkan lihat sistem rotasi ban berikut. Pastikan anda paham model ban mobil anda.

Cara melakukan rotasi ban arah

Ban arah memiliki pola tapak “satu arah” yang dioptimalkan untuk arah putaran ban pada mobil. Jadi ban tersebut secara khusus dibuat untuk sisi kiri atau kanan. Alur dibuat miring untuk mengoptimalkan penanganan dan juga berfungsi dengan baik dalam mengalirkan air keluar dari bawah ban pada permukaan basah.

Ban arah biasanya memiliki tanda panah kecil atau segitiga di dinding samping menunjukkan ke arah mana ban seharusnya berputar. Pemasangan ban arah ini tidak boleh terbalik. Biasanya ada tanda arah putaran pada pinggir ban.

rotasi ban searah

Untuk melakukan rotasi ban searah
»Ganti ban depan kanan dengan ban belakang kanan.
»Ban kiri depan dengan ban kiri belakang.

Cara melakukan rotasi ban arah bolak balik

Pola tapak pada ban arah bolak balik didesain sedemikian rupa. Sehingga ban dapat dipasang pada roda untuk segala arah putaran. Anda dapat mengganti sisi ban mana saat Anda memutarnya. Lihat cara rotasi ban non arah berikut :

rotasi ban arah bolak balik

Mobil penggerak roda belakang ( sesuaikan jika penggerak roda depan )
»Pindahkan ban depan ke sisi berlawanan ( silang ) dari belakang.
»Ban depan sebelah kiri geser ke sisi kanan ban belakang.
»Rotasi ban depan sebelah kanan geser ke sisi kiri ban belakang.
»Ban belakang pindahkan lurus ke depan.

Pada umumnya mobil memiliki ban serep. Dengan demikian masukkan ban serep dalam penggantian rotasi ban. Sehingga nantinya kembang ban tetap terjaga dengan baik. Meskipun demikian ada sisi kelemahan atau kekurangan merotasi ban tersebut.

Kerugian maupun kekurangan melakukan rotasi ban

»Anda memerlukan biaya tambahan jika dilakukan di bengkel.
»Mesti mengeluarkan dana yang cukup besar untuk ganti ban baru ( ganti semua ban sekaligus ). Sebab harga ban mobil yang semakin mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *