Breaking News

Penyebaran virus Corona dan dampak pandemi Covid-19 semakin meluas

Penyebaran virus Corona di Indonesia terus mengalami peningkatan. Rupanya dampak pandemi serangan covid-19 justru semakin meluas. Virus Corona adalah penyakit baru dan para ahli masih terus meneliti sejauh mana keganasan dan tingkat penyebarannya. Informasi berubah cepat dan banyak informasi menyesatkan beredar di masyarakat. Ikuti selalu informasi terbaru dari para ahli yang kredibel.

Gejala utama infeksi virus corona adalah demam, batuk dan sesak napas. Kelompok lansia (lanjut usia) dan orang dengan penyakit menahun (kronis) memiliki risiko lebih tinggi.

Tampaknya serangan virus Corona Covid-19 yang menjadi pandemi dunia belum berhasil. Di Indonesia sendiri justru penyebaran Corona Virus malah semakin meluas. Dari hari ke hari mereka yang terpapar atau terjangkit Novel Corona semakin bertambah dan menggila.

Meskipun telah berulang kali pemerintah melakukan himbauan himbauan untuk menghentikan penyebaran virus Corona Covid-19, ternyata tidak kunjung menemui keberhasilan. Hal ini tentu saja bukan hanya kesalahan pemerintah, namun juga dari kepedulian masyarakat yang belum maksimal.

Seperti diketahui bahwa arahan pemerintah untuk melakukan social distancing untuk menjaga kesehatan warganya sepertinya tidak mendapatkan respon positif bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini terbukti masih banyak terlihat kerumunan masyarakat di sana sini. Bahkan masih saja ada yang nekat melakukan berbagai acara pesta hajatan.

Dengan demikian pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19 yang juga menjadi pandemi di Indonesia tidak akan berhasil. Bahkan data pasien yang terpapar virus Corona justru semakin bertambah dari hari ke hari. Jika demikian apa sebenarnya yang salah dalam hal ini.

Perlu dimengerti bahwa kebiasaan masyarakat kita yang gemar kumpul kumpul dan ngobrol ngalor ngidul merupakan incaran empuk si Novel Corona. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah ODP ( Orang Dalam Pemantauan ) dan PDP ( Pasien Dalam Pengawasan ).

Daerah Zona Merah yakni Jakarta dan sekitarnya sudah seharusnya menjadi titik acuan yang harus dilakukan pemantauan secara mendalam dan tegas. Namun karena kurangnya koordinasi dan penanganan di lapangan. Sehingga mereka yang telah terpapar virus corona justru menjadi pusat penularan terdepan.

Kita menyadari bahwa belum sepenuhnya masyarakat kita menyadari bahaya yang di timbulkan oleh virus Covid-19. Sehingga meskipun telah banyak jatuh korban, mereka yang masih terlihat sehat seakan tak bergeming dan melakukan kebiasaan seperti sebelumnya, seperti berkumpul, pergi ke mall, dan lain sebagainya. Padahal kalau saja mereka tahu betapa sakit dan sengsaranya akibat serangan corona virus tentu akan berkata lain. Itulah yang terjadi pada masyarakat kita selama ini.

virus Corona Covid-19

Jika demikian tentunya pemerintah mesti memikirkan tindakan tegas untuk menindas penyebaran virus corona. Sebab seperti kita pahami, bahwa semakin banyaknya warga Jakarta yang pulang kampung, maka di sana mereka justru menjadi perantara penularan virus Corona Covid-19.

Sehingga jika sebelumnya mereka yang terpapar hanya di lingkaran kota Jakarta, maka pada saat ini justru telah menyebar ke sejumlah kota lainnya, seperti jawa tengah, jawa timur dan juga jawa barat. Sudah saatnya pemerintah di bawah kendali presiden Joko Widodo melakukan tindakan tegas.

Penghentian penyebaran serangan virus Corona Covid-19 memang memerlukan tindakan kompleks dan tidak seperti membalikkan telapak tangan. Salah satu tindakan untuk mencegah penularan corona virus adalah lockdown wilayah. Namun pada kenyataannya tidak mudah untuk melakukan ini karena pemerintah mesti memikirkan semua hal jika diterapkan lockdown, karena memang menyangkut hajat hidup orang banyak seperti ekonomi rakyat yang tentu sangat terdampak.

Nah dari pada kita harus menunggu tindakan apa yang akan di ambil oleh pemerintah. Alangkah lebih baik jika mulai dengan diri sendiri. Kita tidak perlu menunggu orang lain untuk mengerjakan anjuran pemerintah. Ayo mulai dari diri sendiri, seperti mengurangi kumpul kumpul, menjaga jarak, tidak keluar rumah ( kecuali sangat penting ), dan lain sebagainya. Disamping itu juga menjaga kebersihan badan terutama telapak tangan. Nah berikut ada beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan dan mulailah menjaga kesehatan tubuh dari diri sendiri, seperti :

⇔Sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir
⇔Social distancing, menjaga jarak dengan orang lain ( minimal 1 meter )
⇔Tidak keluar rumah jika tidak terpaksa, bekerja dan mencari kebutuhan makanan
⇔Melakukan penyemprotan rumah dan sekitarnya ( selama virus berjangkit )
⇔Dapatkan keterangan resmi pemerintah di https://www.covid19.go.id/

AYO CEGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA COVID-19 MULAI DARI DIRI SENDIRI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *