Petunjuk lengkap cara belajar mengemudi mobil matic bagi pemula

Siapa bilang mengendarai matic sulit. Berikut petunjuk lengkap cara belajar mengemudi mobil matic atau sering disebut sebagai kendaraan transmisi otomatis. Pada kenyataannya berkendara dengan transmisi matik justru lebih nyaman, sebab tidak direpotkan dengan oper gigi transmisi.

Perlu diketahui bahwa menyetir kendaraan matic justru lebih mudah dan praktis. Bahkan tarikan kendaraan otomatis ini tidak kalah dengan akselarasi transmisi manual, sebab sudah menerapkan teknologi otomotif terbaru. Bagi sebagian masyarakat ogah mengemudikan kendaraan matic karena belum begitu paham, sehingga lebih memilih untuk menyetir mobil manual.

Padahal jika sudah terbiasa, justru kendaraan dengan sistem matic memiliki banyak kelebihan, lebih nyaman dan lebih praktis. Bahkan saat berada di jalanan macet di perkotaan anda masih bisa tetap rileks dan tenang. Berbeda saat mengemudikan transmisi manual saat jalanan macet panjang, maka akan terasa ribet dan capek. Nah pada kali ini admin akan mencoba buka tips cara cepat belajar mengemudi mobil matic.

Pada dasarnya belajar mengendarai mobil matik lebih simple dan cepat bisa. Karena anda tidak perlu memikirkan injakan pedal kopling. Perlu diketahui bahwa salah satu perbedaan paling mendasar antara mengemudi matic dengan manual adalah pedal kopling. Pada sebenarnya lebih dari itu, yakni perpindahan gear yang bisa bergeser secara otomatis.

Bagi pemula pengaturan injakan pedal kopling inilah yang sering menjadi kendala. Karena seperti kita ketahui bahwa injakan pedal kopling yang tidak tepat akan menyebabkan mesin mati mendadak. itulah sebabnya bagi pemula yang baru bisa menyetir akan grogi dan was was saat mengemudi dijalanan macet.

Pelajari juga Komponen komponen sistem rem cakram dan fungsinya

Tidak demikian jika anda memilih transmisi matic, karena praktis hanya injak rem saat jalan merayap, atau memposisikan transmisi ke netral saat berhenti agak lama. Demikian juga saat jalanan macet juga tidak bikin capek.

Cara gampang belajar mengemudi mobil matic bagi pemula

Ikuti tips cara belajar mengemudi kendaraan transmisi otomatis khususnya bagi pemula. Bahkan jika sebelumnya anda sudah terbiasa dengan kendaraan transmisi manual. Justru akan semakin gampang karena tinggal mempelajari sistem pengoperasiannya saja. Karena pada dasarnya hanya berbeda pada sistem perpindahan transmisinya saja.

Sedangkan sistem lainnya sama persis. Perlu diketahui juga bahwa meskipun sistem transmisi otomatis, namun tetap ada perpindahan manualnya. Tentu saja bukan berarti perpindahan gigi transmisinya manual, namun digunakan pada kondisi jalan khusus, sehingga anda mesti harus memindahkan gigi otomatisnya. Dengan demikian sebenarnya matic justru lebih nyaman dan praktis serta simple mengemudikannya. Baca juga cara parkir mobil yang benar

Yuk lihat petunjuk lengkap cara belajar menyetir matic cepat, aman, dan lancar. Bahkan anda tidak memerlukan kursus stir resmi. Dengan belajar serius mengemudi, maka dalam waktu beberapa hari saja, maka anda sudah mampu mengemudikan kendaraan transmisi otomatis di jalan raya yang sepi. Namun demikian jika memang anda benar benar mulai dari NOL, tentunya akan lebih baik untuk mengikuti kursus setir mobil beberapa hari dan ambil paket standar saja.

Bahkan pada beberapa tempat kursus mengemudi juga jarang yang menyediakan kendaraan transmisi otomatis. Dan rata rata hanya ada kendaraan transmisi manual saja. Tetapi jangan harap anda sudah mahir bawa kendaraan setelah selesai mengikuti paket kursus mengemudi. Kemahiran anda dalam setir mobil seiring dengan jam terbang anda saat berkendara di jalan raya.

Artinya semakin sering jalan jalan, maka anda akan semakin mahir. Penting untuk di simak bahwa mahir setir kendaraan memerlukan insting ( bawah sadar ) dan ketenangan. Dan jangan lupa gunakan ban paling bagus supaya lebih nyaman dan aman. Masih belum mahir membawa kendaraan, tidak perlu kursus, silahkan belajar mengemudi mobil matic sendiri, pasti bisa!

Supaya lebih cepat mahir cara belajar nyetir, maka tidak harus mengemudikan mobil di jalanan sepi dan landai saja. Namun juga sekali waktu berani mencoba belajar setir sendiri di jalanan menanjak. Dan kemudian ditingkatkan cara mengemudi mobil matic di tanjakan macet.

Hal ini perlu di lakukan supaya kemahiran anda dalam hal mengemudi menjadi lebih sempurna. Sebab saat dijalan raya tentunya semua hal bisa terjadi, seperti melewati jalanan macet total, jalanan menanjak dan macet, dan kondisi jalanan bermasalah lainnya. Sehingga tentu memerlukan kepiawaian terbaik anda. Namun demikian meskipun anda belum begitu mahir mengemudi tetap harus berani mencoba di jalanan padat.

Cara belajar setir mobil di berbagai kondisi jalan

cara belajar mengemudi mobil matic

Perlu diketahui bahwa mobil matic hanya mempunyai pedal gas dan pedal rem dan tidak ada pedal kopling. Pada umumnya transmisi otomatis ada beberapa tuas ( kopling ) yang memiliki fungsi khusus dan harus anda pahami kapan waktu penggunaannya yang tepat dan benar.

Namun langkah awal sebelum belajar mengemudi mobil transmisi matic, ada baiknya jika paham sistem matik. Jika salah penerapannya bukan tidak mungkin terjadi kerusakan pada sistem transmisinya dan biaya perbaikannya relatif lebih mahal dari pada kendaraan sistem transmisi manual. Sehingga anda perlu memperhatikan setiap fungsi tuasnya.

  • P : Sering disebut sebagai tuas parkir. Pada posisi “P” semua sistem transmisi terkunci sehingga mobil juga tidak bisa digerakkan ( di dorong ). Saat menghidupkan mesin paling aman dan benar pada posisi “P” dan injak pedal rem. Dan pada tuas “P” ini maka anak kunci bisa diambil.
  • R : atau tuas Reverse, sering juga disebut sebagai gigi mundur.
  • N : netral, pada posisi “N” maka bisa di dorong dengan bebas. Paling tepat digunakan waktu berhenti saat jalanan macet atau saat berada di lampu merah.
  • D : Drive, yakni gigi maju saat berada dijalanan normal dan tanjakan tidak panjang. sangat tidak disarankan digunakan saat berada di turunan terjal maupun turunan landai namun panjang karena dikhawatirkan terjadi laju tidak terkendali. Maka dari itu belajar setir mobil dengan cara yang benar.
  • 3 : Atau gigi 3 sebaiknya digunakan di tanjakan atau turunan landai. pada posisi tuas “3” kecepatan maksimal mobil berada di gigi percepatan 3. pada posisi 3 ini juga mampu memberikan tingkat pengereman lebih bagus dari pada saat posisi ‘D”.
  • 2 : Atau gigi porsneleng 2 paling pas digunakan saat berada di tanjakan atau turunan sedikit lebih miring ( lebih terjal ) karena memerlukan tenaga dorongan lebih. Posisi gigi “2” mampu memberikan tingkat pengereman lebih maksimal dan lebih bagus.
  • L : Memiliki tingkat akselarasi dan kekuatan dorongan seperti pada gigi 1. Pada posisi ini sangat baik digunakan saat menanjak dengan tingkat kemiringan dratis. Saat posisi gigi low ini juga memberikan tingkat pengereman paling maksimal, sehingga saat berada di turunan tajam akan lebih aman pindahkan gigi pada posisi 1 (LOW). Namun tidak disarankan digunakan pada waktu lama karena panas mesin akan naik dratis.

Gejala kerusakan mobil matic, kenali sebelum parah

Penting untuk diketahui meskipun anda memindahkan tuas porsneleng pada mobil matic pada posisi ( manual ) 3 atau 2, maka perpindahan gigi porsneleng tetap dilakukan secara otomatis, hanya saja kecepatannya dibatasi sampai batas sesuai tuas yang anda pilih. Contohnya saat anda memilih gigi transmisi nomor “3” maka perpindahan tetap dimulai dari gigi porsneleng 1 ke 2 terus ke 3 ( maksimal ). mobil anda matik, silahkan belajar mengemudikan kendaraan transmisi automatic.

Banyak pertanyaan bahwa bagaimana cara memindahkan gigi transmisi atau tuas porsneleng pada mobil matic. perpindahan tuas matic dengan membebaskan pedal gas. Jadi saat anda tidak injak pedal gas maka bebas memposisikan tuas ke posisi manapun ( D, N, 3, 2, L ) pada saat berhenti atau sedang melaju cepat.

Contohnya saat anda menaiki bukit dengan posisi tuas “D” karena tidak terlalu menanjak, bisa jadi setelah beberapa kilometer terasa tidak ada tarikan ( mesin menderung ), maka anda bisa langsung pindah ke tuas “3” atau “2” dengan tidak injak pedal gas. Setelah posisi pindah maka anda bisa injak pedal gas kembali. Nah mudah bukan belajar mengemudi mobil matic

Sebagaimana diketahui dalam beberapa tahun belakangan ini pengguna kendaraan transmisi otomatis atau lebih dikenal sebagai matic semakin banyak. Bagi seorang wanita tentu lebih memilih transmisi otomatis daripada mobil transmisi manual. Karena lebih praktis dan simple, dan saat berada di jalanan macet juga tidak merepotkan. Mungkin lebih enjoy dengan mobil listrik

Bagi mereka yang belum pernah belajar mengemudi, biasanya akan memilih transmisi manual dari pada matic. Namun mereka kalau sudah mengemudikan mobi matic dan berada di kemacetan panjang, apakah masih berpendapat sama? Oh ya lihat juga harga mobil Suzuki ertiga terbaru