Tips cara merawat aki motor maupun mobil

Aki merupakan suku cadang yang cukup penting bagi sebuah kendaraan. Sehingga performa aki harus tetap terjaga dengan baik. Untuk itulah mempelajari bagaimana cara merawat aki begitu penting bagi pemilik motor maupun mobil. Meskipun pemakaian aki mempunyai batas maksimal pemakaian.

Perlu diketahui bahwa saat ini ada cukup banyak jenis aki di pasaran. Paling tidak ada 6 tipe aki yang di jual, seperti : aki basah, aki kering, aki kalsium, aki hybrid, aki MF AGM, dan aki gel. Jika diteliti lebih jauh, maka yang perlu diwaspadai adalah aki jenis basah.

Setiap jenis aki memiliki cara perawatan yang berbeda. Namun demikian hal paling utama adalah menjaga ketersediaan listrik di dalam aki. Sebab bagaimanapun, meskipun aki berfungsi sebagai tempat menyimpan listrik yang nantinya digunakan untuk tenaga kelistrikan mobil maupun motor.

Namun jika tidak ada pengisian kembali, maka lambat lain listrik yang tersimpan di dalam sel sel aki aki habis. Lantas berapa lama listrik atau strom yang tersimpan dalam sebuah aki benar benar habis. Untuk aki yang masih baru bisa bertahan antara 2 hingga 3 minggu. Namun bisa juga hanya bertahan 1 minggu sudah tidak mampu starter kendaraan.

Baca juga Tips lengkap cara memilih semir ban

Kekuatan daya penyimpanan aki tergantung dari bagus tidaknya sel sel aki. Jadi semakin jelek sel sel dalam tabung aki, maka semakin cepat tekor listrik di dalamnya. Perlu diketahui bahwa performa sel aki akan terus menurun seiring dengan pemakaian. Hingga pada akhirnya aki sudah tidak bisa di charger kembali, karena sel rusak.

Lantas bagaimana cara merawat aki pada mobil maupun motor. Pada hakekatnya tidak ada perbedaan antara merawat aki mobil maupun perawatan aki motor. Sebab hal utama yang memerlukan perawatan adalah kondisi aki kendaraan itu sendiri. Baik digunakan untuk kebutuhan apa saja.

Tips cara merawat aki agar awet dan tahan lama

Meskipun jarang ada pembahasan dalam hal perawatan aki kendaraan. Namun jika dirawat dengan baik, maka usia pemakaian aki akan lebih panjang. Meskipun aki masih tergolong baru, jika listrik didalamnya sering kehabisan tanpa charger kembali, justru akan memperpendek umur pemakaian aki. Bahkan sebelum 2 tahun aki sudah rusak.

Meskipun ada sekitar 6 tipe aki yang ada selama ini, namun jika digolongkan berdasarkan cara merawatnya. Maka bisa dibagi menjadi 2 jenis. Yakni perawatan aki basah dan cara merawat aki jenis kering. Karena kedua jenis aki ini memiliki sifat yang jauh berbeda. Baik itu untuk pemakaian motor maupun mobil.

Pada aki basah cepat berkurang level larutan elektroda. Sedangkan pada aki kering bahkan bisa dibilang tidak berkurang. Meskpun ada penurunan, namun hanya sedikit sekali. Sehingga nyaris tanpa perlu ada penambahan. Bahkan jika aki sudah sering berkurang, maka merupakan pertanda terjadi kerusakan pada sel sel aki.

Nah supaya aki mobil atau motor anda lebih awet dan tahan lama. Maka perlu dirawat secara benar. Berikut ada tips khusus cara melakukan perawatan aki yang direkomendasikan. Tidak perlu pergi ke bengkel, namun bisa anda kerjakan sendiri. Cobalah ikuti tips cara merawat aki mobil berikut supaya awet dan tidak mudah soak.

cara merawat aki

1. Sesuaikan antara kapasitas aki dengan penggunaan

Dengan banyaknya penambahan aksesoris seperti lampu lampu akan menyedot tenaga listrik dalam kapasitas besar. ( hindari hal demikian ).

2. Pastikan kedua kutub aki bersih dan kencang

Jaga kebersihan kutub (+) dan kutub (-). Jika ada kerak cepat bersihkan. Kerak pada kutub aki pada umumnya disebabkan oleh ikatan yang kendor. Coba lakukan pemeriksaan secara berkala.

3. Usahakan listrik dalam aki terisi penuh

Saat mobil tidak digunakan dan lama di garasi, maka strom atau penyimpanan listrik didalam aki akan mengalami penurunan. Untuk itu panaskan mobil sekitar 30 menit untuk melakukan pengisian ( charger ) kembali. Tidak perlu setiap hari, namun cukup seminggu sekali.

4. Lepas kabel aki jika diperlukan

Jika anda yakin mobil tidak digunakan dalam jangka waktu lama. Maka lebih baik lepas kabel aki. Selama kabel aki masih terhubung dengan rangkaian kelistrikan mobil. Maka pemakaian strom / listrik akan terus terjadi.

Gunakan aki dengan kualitas terbaik

Banyaknya jenis aki dipasaran menjadi pilihan anda untuk memilih yang terbaik. Meskipun demikian setiap jenis aki memiliki kelebihan maupun kekurangan masing masing.

Pada hakekatnya perawatan aki mobil dan motor sama dan tidak jauh berbeda, hanya beda kapasitas saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *