Tips cara merawat mobil secara berkala

Perawatan mobil tidak harus pergi ke bengkel resmi. Agar bisa melakukan pengecekan sendiri, cobalah ikuti tips berikut. Sehingga biaya lebih murah. Berikut petunjuk lengkap cara merawat mobil secara berkala yang tidak bertentangan dengan buku panduan resmi pabrikan mobil.

cara merawat mobil

1. Melakukan perawatan dan pemeriksaan ban mobil

Seperti kita tahu bahwa ban mobil berhubungan erat dengan kenyamanan dan keamanan di jalan raya. Banyak kejadian pecah ban di jalan tol. Dengan pemeriksaan dan perawatan mobil secara rutin, niscaya agan bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Pada hakekatnya ban kendaraan punya batas usia pemakaian. Sudah sepantasnya jika pemilik kendaraan bisa merawat sendiri sesuai dengan kemampuan.

Namun demikian jangan selalu berpatokan dengan umur pemakaian ban. Sebab ban mobil baru juga bisa cepat rusak dan mengalami pecah ban khususnya saat kecepatan tinggi. Hal demikian tentunya berhubungan dengan bagaimana anda melakukan perawatan ban mobil secara berkala..

Ban mobil anda akan cepat rusak dan memperpendek masa pakai ban, jika mobil parkir lama dibawah terik matahari, tekanan angin ban kurang, sering melewati jalanan terjal berbatu, bahan kimia. Untuk menjaga alur ban merata, agan bisa melakukan tukar ban. Baca selengkapnya di cara merotasi ban mobil

2. Ganti oli mesin pada saat yang tepat

Pada hakikatnya semakin sering kendaraan ganti oli mesin, maka kondisi dan kesehatan kendaraan semakin bagus, namun tentunya berhubungan erat dengan biaya. Dengan demikian cobalah ganti oli dengan cara teratur namun tidak pemborosan biaya. Kapan sebaiknya ganti oli kendaraan?

Menurut buku panduan perawatan kendaraan, setiap 5000 km / 6 bulan pemakaian, mana yang tercapai lebih dulu. Tentunya bagi mobil yang digunakan bekerja setiap hari akan mencapai itu. Tetapi bagaimana dengan mobil yang hanya di pakai untuk keperluan keluarga?. Di sinilah anda mesti mempertimbangkan dengan sebaik mungkin.

baca juga Jangan salah pilih, kenali perbedaan oli MPX dan SPX

Perlukah ganti oli mesin mobil ke bengkel. Bagi anda yang kreatif, tentunya akan mencoba ganti oli sendiri. Tidak sulit dan cukup mudah dilakukan. Yang penting sesuaikan jenis dan tipe oli sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil anda. Ingin mencoba ganti oli, silahkan baca selengkapnya di cara ganti oli mesin mobil

3. Selalu periksa level sistem pelumas dan pendingin mobil

Mobil anda ada beberapa cairan baik itu oli, minyak rem, maupun cairan sistem pendingin. Setiap jenis memiliki level aman tersendiri. Sehingga pemeriksaan secara rutin wajib di lakukan, sebab jika sampai batas minimal dan kehabisan akan dapat merusak sistem mobil anda. Agan mesti selalu memperhatikan level aman berikut :

Oli mesin : Meskipun penggantian oli mesin setiap 5000 km ( maksimal ) / pemakaian 6 bulan. Namun tetap harus melakukan pengecekan level aman. Karena bisa jadi ada pengurangan saat perjalanan.

Air Coolant : Air pendingin mesin atau dalam sistem radiator ini bisa dibilang sangat penting karena menjaga temperatur mesin tetap stabil saat mesin mobil hidup. Sebaiknya selalu cek level air ( radiator ) cadangan setiap melakukan perjalanan. Disarankan juga selalu membawa air coolant dalam mobil anda.

Oli power steering : Sistem setir mobil saat ini sudah banyak yang menggunakan teknologi power steering, sehingga terasa ringan saat memutar stir mobil. Keadaan ini akan tetap baik jika keberadaan oli power steering terjaga. Penggantian oli stir ini pada umumnya setiap 40.000 km.

Minyak rem : Jangan remehkan keberadaan minyak rem. Sistem rem sangat penting dalam berkendara. Bagi mobil yang sering parkir cukup lama bisa saja terjadi pengendapan minyak rem, sehingga seal tergores dan fatal akibatnya, rem blong.

Oli transmisi : Cukup banyak pemilik mobil yang lalai melakukan penggantian oli transmisi. Padahal jenis oli yang satu ini sangat penting untuk pergeseran gigi transmisi. Bagi pemilik mobil matik sebaiknya melakukan penggantian oli transmisi setiap 10.000 km

Oli gardan : Ada banyak jenis oli dalam kendaraan anda, salah satunya yakni oli gardan. Sebagian besar pemilik mobil kurang memperhatikan penggantian oli gardan. Paling tidak setiap 40.000 km ganti dengan yang baru. Kerusakan oli gardan ditandai dengan suara dengung pada gardan. Silahkan cek harga oli gardan

4. Pengecekan lampu lampu mobil

Sistem rangkaian lampu mobil boleh jadi rumit dan tidak sembarang orang mampu memperbaiki. Namun keberadaan lampu mobil : headlamp, lampu sein, lampu rem, dan lainnya cukup penting dan memiliki fungsi tersendiri. Sehingga membiarkan lampu mati bukan keputusan bijaksana. Cepat perbaiki jika salah satu sistem lampu mobil mati.

5. Sistem wiper

Meskipun jarang digunakan, namun sistem wiper sangat penting saat hujan. Jika fungsi wiper rusak maka pandangan akan sangat terganggu. Disamping itu karet wiper juga sebaiknya di ganti jika sudah keras, khususnya wiper kaca depan.

6. Filter udara mesin mobil

Paling tidak sebulan sekali anda mesti melakukan pengecekan filter udara. Jika mampet tentunya akan mengganggu kerja mesin mobil anda. Selain mesin cepat panas juga boros bahan bakar serta tenaga mobil sangat berkurang.

7. Jaga performa aki mobil

Cukup penting menjaga strom atau listrik dalam aki mobil selalu terisi penuh. Untuk itu lakukan perawatan dengan sebaik baiknya dan jangan sampai terjadi aki tekor. Baca lebih lanjut tentang cara merawat aki mobil

8. Mencuci mobil

Jangan biarkan mobil anda masuk garasi dalam keadaan kotor. Air hujan dan kotoran bisa merusak bahan logam mobil anda. Bagian paling sering kotor adalah sekitar roda mobil. Saat hujan biasanya pasir pasir halus menempel di sana.

cara belajar mengemudi mobil matic bagi pemula

Perawatan semua bagian bagian mobil cukup penting. Hal ini bertujuan untuk menjaga kendaraan anda tetap prima dan laik jalan. Meskipun kendaraan jarang di pakai, bisa jadi tiba tiba digunakan untuk keperluan jarak jauh, sehingga jangan biarkan mobil anda berada di garasi cukup lama. Paling tidak dipanaskan untuk menjaga sistem pelumasan tetap baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *